Halaman

Selasa, 23 November 2010

Mengajari dan Diajari -.-''

Tak mudah melewati hari ini bila tanpa senyuman kemenangan karena hari ini gw BERHASIL melewati UTS akun dengan SANGAT SANGAT SUKSES !! dibandingkan temen2 gw yang lain yang hanya bisa pasrah dan terdiam,gw ngerjain itu akun dengan penuh semangat serta penuh keringat..

Mungkin karena keberhasilan akun hari ini sikap sombongku mulai bertumbuh kembali..dengan kata2 yang yakin gw selalu ngomong ke temen2 gw : “gw akun yakin dapet A”...g tau kesombongan itu bakal membawa kita kepada kehancuran serta kegagalan tapi gw ga mau ngerendah karena gw memang bisa dan yakin ngerjain akun nya..terbilang sombong dan egois tapi menurut gue  it’s ok.

Tak lepas dari tes akuntansi hari ini,kemarin gw bekerja keras buat ngajarin temen2 1 kos gw akuntansi sampe malem banget..dimulai dari jam 8 malem sampe jam 10 malem..gw ngajarin temen2 gw akuntansi mulai dari dasar banget,karena temen2 gw kbanyakan kurang ngerti akun yang pake bahasa inggris..

Dimulai dari ngartiin 1 per 1 kata akun,ngajarin buat adjustment(biasa disebut ajp / ayat jurnal penyesuaian) terus ngajarin cara bkin worksheet sampe ngajarin gimana cara nya main dota..eh salah..ngajarin jurnal penutup maksud gue.. :D

Tak mudah untuk menjadi seorang guru yang baik..g ngeliat temen2 gue ada yang masi ga paham cuma gw kurang ngerti gimana lagi cara buat ngejelasin nya,ada yang ga dengerin,ada yang malah asik ngbrol padahal sebelumnya minta diajarin,ada yang makan..tapi saat temen2 gue ngerti apa yang gue ajarin dan dia jadi bisa,rasa senang nya luar biasa bukan main..dari sini gue belajar untuk lebih ngertiin perasaan guru / dosen gue yang biasanya nerangin pelajaran tapi kita nya ga dengerin...rasanya gue kepingin jadi murid yang lebih baik dan ngasi nilai yang bagus buat para guru kita yang telah susah payah ngajarin kita..gw bener2 serius dengan kata2 g diatas..

Kembali lagi gw cerita tentang belajar dan mengajari..selama gw di cianjur,gw merupakan seorang aktivis vihara yang tugasnya ngajarin anak2 sekolah minggu..mulai dari berdoa(kebaktian),nyanyi,keterampilan dan pengetahuan dharma..
Memang ga mudah buat ngajarin orang walaupun orang itu lebih muda ataupun tua dari kita..banyak suka duka nya pas gw jadi pengajar sekolah minggu..mulai dari anak nya yang bandeeeeellll banget dan ga bisa diem banget sampe anak yang penddiiieeeemmm banget sampe gw binggung harus digimanain lagi itu anak..

Tapi darisana gw jadi ngerti 1 taktik buat mengatasi anak2 dari yang super bandel itu sampe anak yang pendiem banget..intinya setiap anak itu pingin banget dikasi PERHATIAN..dan itu pasti..saat gw ngajar,ngeliat anak yang pendiem banget rasanya dia jadi ga keliatan diantara temen2 lain nya..karena dia kurang banyak bicara dan sedikit bergerak..mulai dari mengajaknya masuk kedalam suatu kelompok bermain,ketawa rame2,main rame2 dan akhirnya dikit demi dikit dia sekarang uda mulai lebih terbuka sama yang lain nya..seneng banget rasanya ngeliat anak2 main  sama2,ketawa sama2,mungkin itu yang disebut dengan surga menurut pemikiran gue,dimana setiap anak bisa menemukan kebagian nya masing2..



At least,gue uda cerita panjang lebar tentang apa yang gue rasain hari ini..sebernya gue nulis panjang lebar begini karena ada hasutan tanding ngebuat blog yang paling cepet,panjang sama bagus isinya..hahaha

Sekarang gue harus belajar lagi buat besok UTS KSI(Information System Concepts) yang menurut gue UTS PALING SUSAH karena bahannya SETEBEL buku KAMUS bahasa inggris gue..alamak lagi2 gue harus bekerja keras buat dapetin nilai yang bagus..mudah2an ulangan gue besok bisa sukses..

Wish me luck J

2 komentar: